Home > Uncategorized > Resep ayam kungpao

Resep ayam kungpao

Beberapa hari lalu waktu mengantarkan anak untuk imunisasi, ternyata antriannya panjang sekali. Datang telat sih 😦

Sambil menunggu giliran, aku mengambil satu majalah di meja yang memang tersedia banyak sekali majalah. Waduh, majalahnya kok sudah lama sekali, tahun 2000 !!

Yah mau gimana lagi. Untungnya setelah aku buka-buka, aha…. ketemu resep masakan enak. Ayam kungpao. Sampai hari ini sih belum sempet coba sendiri tapi dari gambarnya kok keliatan enak sekali. Ini resepnya, semoga enak beneran 🙂

Untuk 6 porsi

Bahan:
50 gr fillet dada ayam, cuci bersih, potong dadu 3 cm, lumuri dengan air jeruk nipis
2 sdm saus tiram
2,5 sdm minyak sayur
8 buah cabai merah kering, rendam air panas hingga lunak, potong jadi 2 bagian
8 siung bawang putih, cincang halus
2 batang daun seledri, cincang kasar
Setengah buah paprika merah, potong dadu 1 cm
100 gr rebung kalengan, tiriskan, iris bentuk korek api
25 gr kacang mente, panggang hingga matang

Saus, aduk rata:
3 sdm ang ciu*
75 ml cuka beras**
75 ml air kaldu ayam
1 sdm kecap manis
2 sdm saus hoisin
2 sdt minyak wijen
2 sdm minyak bawang putih***
0,5 sdt garam
2 sdm gula pasir

Cara membuat:
Lumuri potongan ayam dengan saus tiram, ratakan. Diamkan selama 10 menit.
Panaskan setengah bagian minyak di wajan, masukkan cabai merah kering, goreng hingga aromanya keluar.
Masukkan daging ayam, aduk rata hingga ayam berubah warna, sisihkan.
Panaskan kembali sisa minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan seledri, paprika dan rebung. Masak hingga layu.
Masukkan kembali ayam & cabai ke dalam wajan, aduk rata. Tuang saus, masak terus hingga mendidih dan bumbu meresap, angkat.
Taburi kacang mente, sajikan.

*Ang ciu adalah arak beras yang biasa dipakai untuk memasak masak cina. Berwarna coklat muda, bening. Dipakai sebagai penambah aroma hidangan daging. Bisa didapatkan di pasar swalayan.
**Cuka beras aromanya cukup tajam, biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada makanan.
***Minya bawang putih adalah minyak sayur yang di dalamnya ada bawang putih cincang. Dijual botolan di pasar swalayan.

Advertisements
Categories: Uncategorized
  1. juli
    July 22, 2011 at 12:38 pm

    i will try it hehe….

  2. July 22, 2011 at 12:41 pm

    Thx for visiting my blog 😀

  3. ika
    July 28, 2011 at 4:55 pm

    xi xi xi…
    makanya km bikin trus bagi-bagi dech…
    nah tu namanya enak…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: